arizman.com-channel

Apa Dan Bagaimana Sakit Migren Terjadi

Apa Dan Bagimana Sakit Migren Terjadi
Apa Dan Bagaimana Sakit Migren Terjadi - Kita pasti pernah mengalami namanya sakit kepala termasuk sakit kepala sebelah (migren). Migren cenderung diderita kaum wanita, penyebabnya bisa karena faktor psikis atau juga bisa disebabkan karena adanya pelebaran pembuluh darah.

Info kesehatan, migren adalah salah satu tipe sakit kepala primer yang ditandai dengan nyeri kepala berdenyut, biasanya bersifat unilateral (mengenai salah satu sisi). Migren ditandai dengan nyeri semakin parah dengan semakin meningkatnya aktivitas. Walaupun migren sangat mengganggu serta sering tak tertahankan, namun sebetulnya migren tidak berbahaya. Biasanya ketika terjadi sakit kepala sebelah, kita mengira itu migren, padahal tidak semua sakit kepala sebelah adalah migren tetapi bisa juga sakit kepala jenis lain.

Migren disebabkan karena kelainan biomolekuler atau gangguan neotransmitter serta gangguan kalsium disusunan saraf otak. Penderita migren dengan intensitas sering, wajib memeriksakan ke dokter apakah sakit kepala dideritanya itu adalah migren atau disebabkan karena kelainan struktur otak.

Migren juga bisa disebabkan karena kontraksi pembuluh darah tidak seimbang atau pelebaran pembuluh darah. Ketidakseimbangan ini menyebabkan terjadinya gangguan neotransmitter dimana merupakan zat penghantar sinyal antar sel - sel otak, sehingga menimbulkan sakit kepala migren. Selain itu, efek ketidakseimbangan pembuluh darah ini juga berakibat adanya gangguan kanal kalsium pada sistem saraf akibat dipengaruhi stress, kelelahan juga gangguan hormonal.

Info kesehatan, penderita migren parah bisa menjadi sensitif terhadap suara gaduh juga cahaya bahkan bisa menyebabkan mual serta muntah.

Bagaimanakah mencegah terjadinya migren ?
Untuk mencegah terjadinya migren tentunya kita perlu mengenali penyebab migren tersebut. Penyebab migren tidak sama pada setiap orang.  Ada dikarenakan sensitif mengkonsumsi cokelat, teh atau kopi sehingga kalau itu menjadi penyebabnya haruslah menghindari makanan - makanan tersebut. Untuk sakit kepalanya sendiri bisa diobati dengan obat jenis analgetik, aspirin dll.
Untuk pencegahan migren sebaiknya memperhatikan pula pola hidup, pola makan kita, istirahat cukup, hindari rokok apalagi minuman alkohol, lakukan olahraga teratur, makanlah asupan makanan minuman bergizi.