arizman.com-channel

Pasta untuk Diet dan Diabetes

Pasta untuk Diet dan Diabetes
Pasta untuk Diet dan Diabetes - Info kesehatan, pasta dibuat dari tepung terigu semolina, merupakan hasil gilingan biji gandum durum dicampur air, garam, telur sehingga sedikit berwarna kuning cerah, bila dimasak akan menghasilkan tekstur sedikit kenyal.

Info kesehatan, pasta tidak hanya lezat dimakan, mengkonsumsi pasta juga memiliki manfaat untuk kesehatan, terutama pasta whole wheat, terbuat dari gandum utuh kaya akan serat. Pasta ini rendah kalori, mengandung mineral-mineral seperti magnesium, besi, kalsium, seng, selenium, mangan. Kandungan mineral sangat diperlukan tubuh karena membantu menjaga kesehatan tulang, mengontrol denyut jantung, memelihara otot, serta berperan penting dalam proses pertumbuhan serta regenerasi sel tubuh.

Pasta Kering vs Pasta Basah
Pasta Kering (Dried Pasta)
Di luar italia, pasta biasanya dijual didalam kemasan dalam bentuk kering. Pasta kering merupakan pasta buatan pabrik karena umumnya diproduksi dalam jumlah besar dengan menggunakan mesin. Pembuatan pasta ini dibuat dari tepung semolina juga air, dilakukan dengan mengeringkan pasta dengan temperatur rendah selama beberapa hari untuk menguapkan semua cairan sehingga dapat disimpan dalam waktu lama sehingga dapat dikirim ke tempat-tempat jauh.


Pasta Segar (Fresh Pasta)
Pasta segar merupakan buatan rumah tangga atau restoran, dibentuk dengan tangan beberapa saat sebelum pasta direbus.Pasta ini dibuat dari bahan segar campuran tepung serta telur sehingga teksturnya lebih lembut dibanding pasta kering serta membutuhkan waktu lebih singkat saat dimasak tetapi karena memiliki kadar air tinggi, pasta segar tidak tahan lama untuk disimpan.

Pasta sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes juga pelaku diet penurunan berat badan karena pasta memiliki indeks glikemik rendah karena mengandung karbohidrat kompleks bisa dicerna secara bertahap sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah secara drastis serta menyediakan energi untuk waktu lama agar kita tidak cepat merasa lapar.Makanan dengan indeks glikemik rendah sangat disarankan bagi penderita diabetes.

Pasta juga baik untuk kesehatan kardiovaskuler karena mengandung sedikit natrium (garam), sama sekali tidak mengandung kolesterol. Pasta mengandung niasin yaitu vitamin yang diperlukan tubuh, berperan penting dalam mengubah karbohidrat menjadi glukosa.

Info kesehatan, kadar protein dalam pasta ditentukan oleh jenis tepung yang digunakan dalam pembuatan pasta. Pasta terbuat dari gandum mengandung protein juga gluten. Pasta baik untuk kesehatan karena juga merupakan sumber protein, baik bagi vegetarian karena mengandung 6 jenis protein esensial diperlukan tubuh.