arizman.com-channel

Jangan Sepelekan Masuk Angin

Masuk Angin
Masuk Angin - Info kesehatan kali ini tentang masuk angin. Semua orang pasti pernah mengalami namanya masuk angin. Istilah masuk angin memang hanya ada di Indonesia karena hanya orang Indonesia biasa mengalami masuk angin. Tetapi jangan sepelekan masuk angin walaupun penyakit ini terkesan ringan juga mudah diusirnya.

Setiap kali badan terasa tidak enak, biasanya kita akan langsung berasumsi bahwa badan sedang terserang masuk angin. Entah itu karena kehujanan, terpapar angin kencang, kurang tidur karena begadang ataupun karena kurang istirahat.

Masuk angin merupakan gangguan kesehatan, bisa didefinisikan sebagai kumpulan gejala, terjadi karena adanya kelelahan fisik, terlambat makan, stres pikiran. Gabungan ketiganya menyebabkan pembentukan gas berlebih di lambung juga usus.

Akibatnya, muncul gejala seperti perut kembung, pencernaan tidak beres, mual, muntah, sering buang gas bahkan diare. Di tambah lagi kedinginan, nyeri otot, keluar keringat dingin bahkan suhu tubuh diatas normal.

Gangguan masuk angin banyak dipengaruhi cuaca dingin. Cuaca dingin yang menyerang tubuh bisa menimbulkan penyempitan pembuluh darah dimana dampaknya peredaran darah kita menjadi kurang lancar kemudian berakibat hasil metabolisme berupa asam laktat terakumulasi pada otot-otot. Inilah lalu membuat badan jadi terasa pegal-pegal.

Cuaca dingin juga bisa menyebabkan perlambatan gerak peristaltik usus serta perlambatan rambut-rambut sel disaluran napas. Perlambatan gerak usus menyebabkan gas tertampung didalam saluran pencernaan sehingga perut terasa kembung serta penuh, sedangkan perlambatan rambut-rambut di saluran napas bisa menyebabkan rentan terkena infeksi seperti pilek juga batuk.

Apabila gejala-gejala tersebut diatas mendera tubuh anda, info kesehatan berbagi tips istirahat cukup, hindari stres, makan makanan bergizi serta olahraga teratur juga jangan sepelekan masuk angin.