arizman.com-channel

Bijak Sebelum Menggunakan Obat Tradisional

Obat Tradisional
Obat Tradisional - Di Indonesia, wedang jahe dan bandrek dikenal sebagai obat tradisional pengusir masuk angin. Obat tradisional merupakan obat-obatan resep nenek moyang turun temurun yang diolah secara tradisional berdasarkan kebiasaan masyarakat setempat. Obat-obatan tradisional menjadi alternatif dalam bidang pengobatan karena lebih mudah dijangkau masyarakat, baik harga maupun ketersediaannya.

Info kesehatan, akar, buah, daun, batang dan bunga merupakan bagian dari obat tradisional yang banyak dimanfaatkan. Bentuk obat tradisional seperti halnya obat sintesis, banyak dijual dipasar dalam bentuk kapsul, serbuk, cair, dan juga tablet.

Sampai saat ini banyak orang beranggapan bahwa obat tradisional relatif lebih aman dibandingkan obat buatan pabrik. Walaupun demikian bukan berarti obat tradisional tidak memiliki efek samping, apalagi bila penggunaannya kurang tepat. Oleh karena itu diperlukan informasi yang cukup agar masyarakat bisa lebih cermat dalam memilih dan menggunakan suatu produk obat tradisional.

Ketepatan dosis dan waktu penggunaan obat-obat tradisional menentukan tercapai atau tidaknya efek yang diharapkan. Tiap jenis obat tradisional tentunya memiliki perbedaan soal ketepatan dosis dan waktu penggunaannya.Satu jenis obat tradisional dapat memiliki banyak zat aktif yang berkhasiat di dalamnya. Masing-masing zat berkhasiat, kemungkinan membutuhkan perlakuan yang berbeda dalam penggunaannya. Sebagai contoh kunyit diketahui bermanfaat dan baik dikonsumsi saat datang bulan, Akan tetapi jika diminum pada awal masa kehamilan bisa beresiko menyebabkan keguguran.

Informasi yang tidak didukung oleh pengetahuan dasar dan kajian yang memadai seringkali mendatangkan hal yang menyesatkan. Ketidaktahuan yang cukup bisa menyebabkan obat tradisional berbalik menjadi zat yang membahayakan.

Tips info kesehatan, mengumpulkan informasi yang cukup menjadi solusi bijak sebelum anda memutuskan untuk menggunakan salah satu jenis obat tradisional. Kenali dan pahami ketepatan dosis dan waktu penggunaan serta khasiat dan efek sampingnya.