promo-toko-arizman.com

5 Macam Keseimbangan Diet

5 Macam Keseimbangan Diet
5 Macam Keseimbangan Diet - Info kesehatan, diet sehat seimbang adalah berdasarkan kombinasi makanan karbohidrat seperti nasi, kentang, pasta, variasi buah juga sayur, variasi makanan protein seperti daging, ikan, susu sejenisnya serta tidak terlalu banyak gula juga garam bisa memberikan nutrisi diet yang dibutuhkan.

Tips kesehatan, keseimbangan adalah kunci dari diet sehat. Ini berarti makan berbagai variasi macam makanan dalam proporsi tepat , mengkonsumsi jumlah makanan, minuman dalam porsi tepat untuk mencapai serta mempertahankan berat badan ideal.

Berikut ini tips kesehatan 5 macam keseimbangan diet, bisa diterapkan setiap harinya :
1. Buah Sayur
Buah juga sayuran merupakan banyak mengandung vitamin, mineral . Untuk buah juga sayuran ini disarankan kita makan lima porsi berbagai variasi buah serta sayuran sehari . Ada penelitian menyebutkan bahwa orang-orang sedikitnya makan lima porsi buah juga sayuran tiap harinya beresiko lebih rendah untuk terkena penyakit jantung , stroke, kanker. Makan lima porsi buah, sayur tidak sesulit kedengarannya . Cukup satu apel , pisang , pir atau buah lainnya di waktu makan pagi kemudian siang dihitung masing -masing satu porsi . Sepotong nanas atau melon di waktu makan malam merupakan salah satu porsi lainnya serta tiga sendok sayuran menggenapi jumlah lima porsi kebutuhan dalam satu hari.


2.Makanan Karbohidrat
Makan makanan karbohidrat sekitar sepertiga dari segala sesuatu yang kita makan. Pilihlah makanan karbohidrat lebih banyak mengandung serat seperti beras merah, gandum, pasta gandum atau kentang. Pada saat merebus kentang, biarkan kulitnya ikut di rebus karena kulit kentang mengandung banyak serat
serta vitamin.

3.Makanan Protein
Daging, ikan, telur, kacang - kacangan ini adalah sumber protein, mengandung banyak vitamin, mineral sangat penting untuk pertumbuhan serta perbaikan tubuh. Selalu memasak daging sampai matang, cobalah sedikit makan daging sapi atau makan daging ayam tanpa kulit bila memungkinkan untuk mengurangi lemak. Ikan banyak mengandung omega 3, sangat baik bagi tubuh. Cobalah sedikitnya makan dua porsi ikan dalam seminggu. Anda bisa memilih ikan segar, beku atau kalengan tetapi apabila memilih ikan beku atau kalengan, perhatikan karena lebih tinggi kandungan garamnya bila dibandingkan dengan ikan segar. Selain daging, ikan, telur juga kacang-kacangan termasuk sumber protein, walaupun masih mengandung lemak tinggi. Bisa dijadikan alternatif selingan daging atau ikan.

4. Susu
Susu, keju, yoghurt merupakan sumber protein baik, mengandung kalsium berguna membantu untuk menjaga tulang Anda sehat . Agar bisa menikmati manfaat kesehatan dari susu, pilihlah susu tidak terlalu banyak lemak, seperti susu non fat, keju rendah lemak, yoghurt rendah lemak.

5. Lemak serta gula
Lemak jenuh terdapat dalam makanan seperti keju , sosis , mentega , kue , biskuit. Lemak jenuh ini dapat meningkatkan kadar kolesterol darah, meningkatkan resiko penyakit jantung. Di sisi lain, lemak tak jenuh dapat membantu menurunkan kolesterol, menyediakan asam lemak penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu kita tetap sehat . Ikan, kacang-kacangan. biji-bijian , alpukat , minyak zaitun, minyak nabati merupakan sumber lemak tak jenuh . Cobalah kurangi makanan tinggi lemak jenuh serta lebih memperbanyak konsumsi makanan mengandung lemak tak jenuh. Pada dasarnya gula secara alami sudah terkandung dalam makanan seperti dalam buah atau makanan karbohidrat. Kurangilah makanan dengan tambahan gula, apabila terbiasa minuman soda, mulai sekarang cobalah menggantinya dengan air mineral.

Info kesehatan, selain 5 macam keseimbangan diet diatas, 4 variasi diet vegetarian mungkin bisa menjadi alternatif pilihan diet lainnya untuk anda yang ingin melakukan diet sehat.