arizman.com-channel

Asam Lemak Esensial Omega 3 Omega 6 Bagi Kesehatan

Asam Lemak Esensial Omega 3 Omega 6  - Info kesehatan, asam lemak esensial Omega 3, Omega 6, tentunya diperlukan untuk kesehatan tubuh kita. Mungkin diantara kita ada yang belum tahu apa itu asam lemak esensial Omega 3, Omega 6 bagi kesehatan ?

Info kesehatan, dikutip dari beberapa sumber jurnal kesehatan, Omega 3, Omega 6 ternyata merupakan lemak penting bagi tubuh kita.

Apa itu Asam Lemak Esensial
Info kesehatan, Asam Lemak Esensial atau biasa sering disebut EFA (essential fatty acid) merupakan lemak penting tidak dapat dibuat oleh sel-sel tubuh manusia tetapi bisa diperoleh dari makanan sehari-hari. Asam Lemak Esensial (EFA) terbagi dua yaitu Omega 3 (asam linolenat) serta Omega 6 (asam linoleat).

Asam Lemak Esensial Omega 3 Omega 6 Bagi Kesehatan
Fungsi Asam Lemak Esensial
Asam Lemak Esensial (EFA) melayani banyak fungsi penting dalam tubuh, seperti pembentukan prostaglandin, yaitu hormon untuk mengatur fungsi-fungsi tubuh seperti denyut jantung , fertilitas, pembekuan darah, tekanan darah, kehamilan serta berperan dalam fungsi imun dalam membantu tubuh melawan infeksi. Asam Lemak Esensial juga sangat diperlukan dalam membantu pertumbuhan janin juga anak khususnya pematangan sistim sensor serta pertumbuhan saraf tulang belakang.

Sumber Asam Lemak Esensial
Kacang-kacangan, biji-bijian organik seperti kacang tanah, almond, mete, biji bunga matahari serta seafood seperti udang, lobster, tiram, kepiting juga ikan yang diternakkan  memang mengandung banyak Asam Lemak Esensial (EFA) tetapi merupakan derivatif omega 3 (bentuk asam lemak yang dapat melemahkan sistem imun, memicu kanker walaupun dalam dosis kecil). Sedangkan omega 6 serta derivatifnya tidak terbukti mengganggu kesehatan kecuali sudah diproses seperti minyak yang diproses dengan pemanasan atau hidrogenasi.

Info kesehatan, susu pasteurisasi serta minyak ikan merupakan sumber Asam Lemak Esensial (EFA) baik tetapi dari semua sumber Asam Lemak Esensial, telur ayam organik juga produk keju dari susu mentah merupakan sumber Asam Lemak Esensial (EFA) paling baik.

Efek Samping Asam Lemak Esensial
Info kesehatan, Asam Lemak Esensial (EFA) tidak menimbulkan efek samping asalkan tidak dikonsumsi berlebihan. Ketidakseimbangan omega 3 juga omega 6 banyak ditemukan pada masalah kesehatan tubuh seperti kanker, serangan jantung, asma, depresi, stroke, diabetes, obesitas dll.

Dosis Asam Lemak Esensial
Rasio asupan ideal omega 6 terhadap omega 3 adalah 4:1. Kebanyakan masyarakat modern sekarang mengkonsumsi dengan rasio 10:1 serta 25:1 dengan sumber omega 6 kebanyakan berasal dari EFA yang diproses.

Tips Asam Lemak Esensial 
Tips kesehatan, minimalkan penggunaan mentega, margarin, minyak goreng serta lebih banyak gunakan minyak zaitun. Hindari sumber Asam Lemak Esensial (EFA) dimasak atau dipanaskan serta hindari jenis minyak apapun sesudah dipakai berulang ulang.