sticker-whatsapp

6 Cara Bagaimana Memasak Sehat

6 Cara Bagaimana Memasak Sehat
6 Cara Bagaimana Memasak Sehat - Info kesehatan, kegiatan memasak makanan sendiri tentunya merupakan kegiatan menyenangkan apalagi bila dilakukan bersama dengan anggota keluarga. Ragam cara atau bagaimana metode memasak dilakukan, selain mempengaruhi cita rasa masakan yang dimasak juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan.
Info kesehatan, sudah menjadi rahasia umum bahwa cara memasak dengan menggoreng tidak terlalu baik untuk kesehatan karena adanya penggunaan minyak goreng dalam proses memasaknya. Pilihlah minyak goreng baru sekali pakai (bukan jelantah) atau bisa menggantinya dengan minyak zaitun tentunya lebih sehat.

Berikut ini 6 cara bagaimana memasak sehat :

1. Kukus
Cara masak sehat dengan mengukus, bisa menjaga rasa asli juga nutrisi dari makanan. Mulai dari sayuran sampai ikan bisa dimasak dengan menggunakan cara memasak jenis ini.

2. Rebus
Cara masak sehat dengan merebus merupakan cara masak sehat paling mudah serta cepat. Cukup menambahkan air lalu sedikit garam dalam masakan. Cara masak rebus ini cocok untuk memasak sayuran seperti brokoli, wortel dll.

3. Bakar
Cara masak sehat dengan membakar cocok untuk daging dipotong-potong seperti sate, bisa juga ayam atau ikan. Prosesnya dengan memasak makanan ke dalam api dalam waktu singkat.

4. Panggang
Cara masak sehat dengan memanggang dilakukan untuk mendapatkan rasa daging tetap segar (tidak kering) juga empuk. Perlu diperhatikan suhu yang tepat pada saat melakukan proses memasak dengan cara memanggang ini.

5. Tumis
Cara masak sehat dengan menumis dilakukan dengan menggunakan sedikit minyak. Cara masak ini bisa dilakukan untuk hampir semua jenis makanan.

6.Tidak dimasak (makanan mentah)
Di Sunda ada makanan disebut KAREDOK, campuran sayuran mentah, dimakan dengan bumbu kacang seperti pecel. Makanan mentah (raw food) dianggap cara paling sehat karena kandungan vitamin, serat, mineral dalam sayuran masih utuh.

Tips kesehatan, kegiatan menyediakan sendiri makanan di rumah dengan memasak sendiri tentunya akan lebih terjamin kesehatannya dibandingkan dengan membeli makanan jadi.

Semoga info kesehatan, 6 cara bagaimana memasak sehat bisa bermanfaat untuk anda. Selamat memasak , salam sehat